Jumat, 15 Februari 2013

Semangat itu Kita (Pelatihan PPMK Hari Pertama)




Pada hari rabu tanggal 13 februari telah dilaksanakan pelatihan perencanaan dan perkembangan usaha mikro dan kecil serta pelatihan PPMK yang telah dijelaskan pada postingan sebelumnya.

Peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut sekitar 150 orang terdiri dari 5 LKM dan masyarakat yang ada di Pangkalpinang.  Dalam pelatihan tersebut dipamerkan juga produk olahan dari hasil kegiatan KSM terutama dari KSM yang melakukan pinjaman bergulir. Semangat warga yang hadir sangat luar biasa dan warga banyak bertanya kepada nara sumber karena keingintauan mereka yang tinggi



Produk LKM
Keripik Singkong
Bumbu pecel
Rusep
Otak - otak






Pada sesi pelatihan pertama pembicara atau pemberi materi dari  Dinas sosial yaitu bapak Hunsi Tamrin. Isi dari materi tersebut antara lain.Bagaimana usaha kecil mendapat perizinan  industri rumah tangga. Masalah perizinan berdasarkan infestasi, bagi yng investasi sebesar 10 juta tidak di wajibkan memiliki izin usaha industri  atau TDI di luar tanah dan rumah sedangkan Investasi 500 juta harus memiliki izin usaha industri. walaupun usaha 
1.Walaupun tidak wajib tapi harus memperhatikan lingkungan, jam kerja,  masyarakat
2.Walaupun  bahan baku baik, harus memperhatikan prosesnya dengan baik. Dengan tidak menambahkan  bahan pengawet yang tidak diperkenankan .Untuk yang tidak punya lebel di sarankan membuat label

Setelah pembicara pertama kemudian di lanjutkan oleh Ibu Ester  J Lubiz  dari dinas kesehatan

Ibu Elster menjelaskan tentang materi mengenai Higiene dan sanitasi pengolahan pangan

Inti dari materi yang di beri ibu tersebut adalah bagaimana supaya makanan yang kita produksi tidak merugikan orang, maka harus diperhatikan beberapa hal  dibawah ini

Progran Higieni

Berkaitan erat dengan program pembinaan mutu
Melibatkan pengendaliaan terpadu selama proses produksi, pengolahaan, penyimpanan,  penyajiaan dan komsumsi pangan
Melindungi masyarakat dari bahaya
Meningkatkan mutu

Prinsip dasar

mencakup semua aspek produksi dan pengolahan  produk pangan.  Berupa program higiene dan program sanitasi, untuk pekerja harus ada perlindungan, dan perlengkapan umum dan juga melihat penanganan limbah dan fasilitas umum, prouduk yang dihasilkan agar makan higienis.
setelah banyakk

Untuk penjelasan kode P-IRT dalam usaha adalah
sebagai contoh kode  P-IRT NO. 206197102025
2- JENIS KEMASAN
06- KLPK JENIS PANGAN
1971- KODE PROV
02 NO URUT JENIS PANGAN PRODUK IRT
025- NO URUT PP-IRT DI KAB/ KOTA SETEMPAT

untuk mendapatkan nomor  hal yang harus dilakukan menurut Ibu tersebut adalah 
- harus ada KIR kesehatan
- Mengisi pendaftaran rekomendasi
- Petugas kesehatan turun lapangan
- di terbitkan rekomendasi
- di data
- di panggil untuk penyuluhan
- di tes prites, postes.

PeMberi materi yang terakhir adalah dari Bank Muamalat Bapak Endang

Dia menjelaskan tentang Kriteria usaha. menurut dia adalah 
Mikro  kekayaan mak 50 juta, penjualan mak 300 jt pembiayaan 50 jt
Usaha kecil kekayaan 50 – 500 jt penjualan 300 jt keatas  pembiayaan 50 - 500 jt
Banyak lagi materi yang Bapak Endang berikan dari bagai mana pendaftaran, pembiayaannya dan syarat - syaratnya.

foto foto Kegiatan






















penulis : Admin

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Posting Komentar

Twitter Deri Facebook LKM D Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews